Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) ‘Paus orang pinggiran' akan menyinari peran Gereja di Asia

‘Paus orang pinggiran’ akan menyinari peran Gereja di Asia

Perjalanan Paus Fransiskus ke Thailand dan Jepang minggu ini akan menyoroti peran Gereja Katolik dalam masyarakat Asia, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Kardinal Charles Bo dari Yangon menyatakan harapannya bahwa perjalanan kepausan akan memberikan “visibilitas yang lebih besar” pada kontribusi Gereja Katolik di banyak negara Asia.

Kunjungan paus akan menyinari karya-karya ini,” kata presiden Federasi Konferensi Waligereja Asia yang akan mendampingi paus.

Namun Kardinal Bo, menyesalkan bahwa penganiayaan terhadap orang-orang Kristen terus berlanjut di banyak bagian wilayah di Asia.

“Penganiayaan terhadap orang-orang Kristen masih terjadi di banyak tempat di Asia,” kata kardinal itu dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Katolik Zenit di atas pesawat kepausan ke Thailand.

Kardinal mencatat bahwa penganiayaan terhadap orang Kristen belum mendapat perhatian yang memadai dari komunitas internasional, yang mengakibatkan penindasan yang meluas terhadap hak-hak mereka.

Kardinal Bo mengatakan keputusan paus untuk melakukan perjalanan ke Thailand dan Jepang meskipun umat Katolik adalah minoritas “tidak mengejutkan.”

- Newsletter -

“Paus Fransiskus adalah‘ paus orang terpinggirkan,” kata kardinal. “Dalam semua nasihatnya, dia mengesankan Gereja untuk‘ memiliki perspektif dari pinggiran,” tambahnya.

Dia mengatakan bahwa untuk paus “kecil tidak hanya cantik, tapi perlu pengakuan.”

“Dia mengikuti tradisi St. Paulus yang melakukan perjalanan untuk mendorong dan menginjili komunitas-komunitas kecil Kristen,” kata Kardinal Bo.

Selama perjalanan minggu ini ke Asia, Paus Fransiskus diharapkan untuk berbicara tentang perdamaian dan penghapusan senjata nuklir.

Paus akan tiba di Bangkok, Thailand, pada 20 November untuk bagian pertama kunjungannya ke Asia dan akan berangkat ke Jepang pada tanggal 23.

Pada 24 November, paus akan mengunjungi Nagasaki dan Hiroshima, tempat lebih dari 200.000 orang tewas ketika bom atom menghancurkan kota-kota Jepang pada Agustus 1945.

Kardinal Bo mengatakan perang itu adalah tragedi kemanusiaan yang tidak bisa dijelaskan dengan apa pun, tetapi bom atom “tetap menjadi salah satu luka bernanah di hati nurani kolektif manusia.”

“Kata-kata dan tindakan paus selama kunjungan singkatnya, kami harap, akan melanjutkan dialog tentang senjata atom,” kata kardinal.

Paus Fransiskus juga akan bertemu dengan orang-orang yang selamat dari gempa bumi 2011 yang melanda timur laut Jepang, menewaskan sedikitnya 18.500 orang dan memicu krisis tenaga nuklir.

Pada tahun 2016, para pemimpin gereja Jepang menyerukan penghapusan tenaga nuklir sebagai tanggapan terhadap krisis dan untuk mempromosikan perlindungan lingkungan.

Kardinal Bo mengatakan “alasan penting” lainnya untuk perjalanan paus ke Asia minggu ini adalah untuk terlibat dengan agama-agama Asia, yang semakin mendapat perhatian di Barat.

“Inisiatif paus tentang melindungi alam membuka peluang baru untuk terlibat dengan agama-agama Asia,” kata Kardinal Bo.

Dalam sebuah pernyataan sebelumnya, Paus Fransiskus menyatakan keinginannya “untuk memperkuat ikatan persahabatan dengan banyak saudara dan saudari beragama Buddha.”

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: yourvoice@licas.news

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Exit mobile version