Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Paus Fransiskus izinkan keuskupan di Filipina rayakan 'Tahun Yubileum Istimewa'

Paus Fransiskus izinkan keuskupan di Filipina rayakan ‘Tahun Yubileum Istimewa’

Paus Fransiskus mengabulkan permintaan Keuskupan Agung Cebu di Filipina untuk mendeklarasikan “Tahun Yubileum Istimewa” sekaligus ‘indulgensi penuh’ untuk menandai peringatan 500 tahun kedatangan agama Kristen di negara itu.

Melalui sebuah dekrit, Bapa Suci mengabulkan permintaan Uskup Agung Cebu Mgr Jose Palma, sekaligus memberikan berkat apostolik kepada umat Kristiani yang berpartisipasi dalam perayaan tahun yubileum itu.

Perayaan hari jadi kedatangan umat Kristiani akan dimulai pada 4 April dan berakhir pada 22 April 2022.


Mengutip Katekismus Gereja Katolik, Keuskupan Agung Cebu menjelaskan bahwa “indulgensi” adalah “penghapusan hukuman atau siksa dosa sementara (temporal) karena dosa-dosa yang telah mendapat ampunan.”

Dalam sebuah pengumuman, keuskupan agung itu mengatakan bahwa “indulgensi” diberikan kepada umat beriman di bawah kondisi biasa pengakuan sakramental, Komuni Ekaristi, dan doa untuk intensi Paus.

Keuskupan Agung Cebu akan meluncurkan perayaan melalui perayaan liturgi, termasuk pembukaan Pintu Suci Katedral Metropolitan Cebu.

Keuskupan agung itu mengatakan perayaan serupa juga akan dirayakan di delapan gereja di keuskupan agung itu dari paroki yang tertua dan terjauh.

- Newsletter -

Rangkaian acara yubileum di tingkat keuskupan agung dan paroki juga akan diselenggarakan dan akan melibatkan mereka yang “terpinggirkan secara sosial dan spiritual,” dan mereka yang berada di “pinggiran masyarakat”.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: yourvoice@licas.news

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Exit mobile version