Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Paus Fransiskus serukan solidaritas melawan pandemi dan krisis iklim

Paus Fransiskus serukan solidaritas melawan pandemi dan krisis iklim

Paus Fransiskus menyerukan agar umat manusia secara bersama merawat “rumah kita bersama” dan “anggota keluarga manusia yang rentan” saat perayaan Hari Bumi ke-50 pada 22 April.

Paus memperingatkan bahwa alam tidak akan memaafkan eksploitasi terhadap alam yang tidak pernah berhenti dan tak beralasan, perpecahan sosial, dan ketimpangan ekonomi yang disebabkan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia.

Dalam katekese khusus setelah menyampaikan audiensi umum dari Perpustakaan Istana Apostolik Vatikan, Paus Fransiskus menyerukan “aksi bersama” dan “pertobatan ekologis.”

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk memperbarui komitmen kita untuk mencintai dan merawat rumah kita bersama dan untuk anggota keluarga manusia kita yang paling lemah,” katanya.

“Seperti yang telah ditunjukkan pandemi virus corona kepada kita, kita dapat mengatasi tantangan global hanya dengan menunjukkan solidaritas satu sama lain dan merangkul yang paling rentan di tengah-tengah kita,” tambahnya.




Mengutip Ensiklik tahun 2015, “Laudato Si,” yang berhubungan langsung dengan masalah lingkungan, paus menekankan bahwa “kita dibuat dari bumi dan bahwa buah dari bumi akan menopang kehidupan kita.”

Dia mengatakan bahwa sebagai “gambar Allah,” setiap orang dipanggil “untuk merawat dan menghormati semua makhluk, dan untuk menawarkan cinta dan kasih sayang kepada … yang paling rentan di antara kita.”

- Newsletter -

Paus memberikan pekerjaan rumah kepada setiap orang karena telah gagal merawat Bumi, yang ia sebut sebagai “rumah kebun kita.”

“Kita gagal merawat saudara-saudari kita. Kita telah berdosa melawan Bumi, terhadap tetangga kita, dan akhirnya terhadap Sang Pencipta, ”katanya.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa memulihkan “hubungan yang harmonis dengan Bumi dan dengan umat manusia lainnya” terletak pada “hubungan kita dengan orang-orang, dengan tetangga kita, dengan orang miskin.”

“Kita membutuhkan cara baru dalam memandang rumah kita bersama,” katanya, dan menambahkan bahwa “tragedi alam” yang menimpa umat manusia adalah “respons Bumi terhadap perlakuan buruk kita.”

Dia mengatakan bumi seharusnya tidak diperlakukan sebagai “gudang sumber daya bagi kita untuk dieksploitasi” dan menyerukan “penghormatan suci terhadap Bumi,” yang dia gambarkan sebagai “rumah Tuhan.”

Paus mengatakan “pertobatan ekologis dengan tindakan nyata” diperlukan untuk mencegah ancaman terhadap Bumi.

Dia meminta para pemimpin dunia untuk mendukung pertemuan global mendatang tentang lingkungan – COP15 tentang Keanekaragaman Hayati di Kunming, Cina, pada Oktober 2020, dan COP26 tentang Perubahan Iklim di Glasgow, pada bulan November.

Dia juga menyerukan penciptaan gerakan rakyat “dari bawah” di tingkat lokal dan nasional, dan mengatakan bahwa Hari Bumi dilahirkan dengan cara itu.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: yourvoice@licas.news

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Exit mobile version