Home LiCAS.news Bahasa Indonesia News (Bahasa) Menlu Tiongkok kecewa karena paus singgung penganiayaan terhadap Uighur

Menlu Tiongkok kecewa karena paus singgung penganiayaan terhadap Uighur

Kementerian luar negeri Tiongkok menepis kritik Paus Fransiskus atas perlakuan pemerintah terhadap Muslim Uighur dan menyebutnya tidak berdasar, sementara beberapa aktivis hak asasi manusia dan pengamat Tiongkok mengklaim bahwa pernyataan paus sudah terlambat.

Dalam buku baru “Let Us Dream: The Path to A Better Future,” Paus Fransiskus mengatakan, “Saya sering memikirkan orang-orang yang teraniaya, seperti Rohingya, Uighur, Yazidi.”

Itu adalah pernyataan pertama kali oleh paus yang secara terbuka menyebut orang-orang Uighur di Tiongkok  sebagai orang yang teraniaya, sesuatu yang telah didesak oleh aktivis hak asasi manusia untuk dilakukannya selama bertahun-tahun.




Juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian menolak komentar tentang Uighur itu.

“Pemerintah Tiongkok selalu melindungi hak-hak hukum etnis minoritas secara setara,” katanya dalam jumpa pers pada 25 November.

Semua orang dari semua etnis di Xinjiang menikmati perlindungan penuh atas hak-hak mereka, hak-hak perkembangan dan kebebasan beragama, kata Zhao.

“Ucapan Paus Fransiskus tidak berdasar,” katanya.

Sebelumnya paus telah berbicara tentang Rohingya yang telah melarikan diri dari Myanmar dan pembunuhan Yazidi oleh ISIS di Irak, namun berbicara tentang warga Uighur merupakan pertama kali dilakukan paus.

- Newsletter -

Pernyataan paus tentang orang-orang Uighur yang dianiaya disambut baik oleh aktivis hak asasi manusia dan pengamat Tiongkok, dan beberapa di antara mereka menyebutkan sudah lama menunggu itu dikatakan.

“Akhirnya, paus berbicara tentang penganiayaan terhadap Uighur,” kata Proyek Hak Asasi Manusia Uyghur yang berbasis di Washington di Twitter.

“Saya tidak tahu bagaimana mengatakannya, tapi seperti dalam ungkapan latin ‘lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali’,” demikian cuitan Sophie Richardson direktur Tiongkok pada Human Rights Watch.

Foto yang diambil 31 Mei 2019 ini memperlihatkan menara pengawas pada fasilitas dengan keamanan tinggi di dekat kamp pendidikan ulang, tempat sebagian besar etnis minoritas Muslim ditahan, di pinggiran Hotan, di wilayah Xinjiang barat laut Tiongkok. Sebanyak satu juta etnis Uighur dan sebagian besar minoritas Muslim lainnya diyakini ditahan di jaringan kamp di Xinjiang. (Foto oleh Greg Baker / AFP)

Beberapa lainnya seperti Gady Epstein, editor urusan Tiongkok The Economist, berkomentar bahwa pengakuan paus atas situasi Uighur tersimpan dalam sebuah buku.

“Ini memberi tahu Anda bahwa ini adalah berita. Itu disebutkan di buku baru, “tweet Epstein. “Vatikan baru-baru ini memperbarui kesepakatan dengan Tiongkok mengenai pemilihan uskup, dan selain dari laporan singkat ini, tetap diam tentang Uighur,” katanya.

Kesepakatan dengan Beijing tentang pengangkatan uskup diperbarui pada bulan September.

Para pemimpin agama, kelompok aktivis, dan pemerintah mengatakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida sedang berlangsung terhadap warga Uighur di wilayah Xinjiang, Tiongkok, di mana lebih dari 1 juta orang ditahan di kamp-kamp.

Dalam sebuah surat yang dirilis pada 8 Agustus, para pemimpin agama dari seluruh dunia, termasuk Kardinal Charles Bo Myanmar dan Kardinal Ignatius Suharyo dari Indonesia, menyerukan tindakan segera atas “potensi genosida” terhadap Uighur.

Para pemimpin agama itu mengatakan “penindasan” di Xinjiang telah menjadi “salah satu tragedi kemanusiaan paling mengerikan sejak Holocaust.”

Surat itu juga menyatakan solidaritas dengan umat Buddha Tibet, pengikut Falun Gong, dan Kristen Tiongkok, yang menghadapi “tindakan keras terburuk atas kebebasan beragama atau berkeyakinan sejak Revolusi Kebudayaan.”

Bulan lalu, saat konferensi di Vatikan, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengecam Tiongkok atas perlakuannya terhadap Uighur.

Beijing telah menyangkal tuduhan tersebut dan menganggapnya sebagai upaya untuk mendiskreditkan Tiongkok, dan terus mengatakan bahwa kamp-kamp di Xinjiang adalah pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan yang merupakan bagian dari tindakan kontra-terorisme dan deradikalisasi.

Tambahan dari Reuters

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest