Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Tandai lima tahun Amoris Laetitia, Paus dedikasikan tahun 2021 bagi keluarga

Tandai lima tahun Amoris Laetitia, Paus dedikasikan tahun 2021 bagi keluarga

Paus Fransiskus telah mendeklarasikan tahun 2021 sebagai tahun khusus bagi keluarga. Hal itu untuk menandai ulang tahun kelima Anjuran Apostolik Amoris Laetitia.

“Ini akan menjadi tahun refleksi tentang Amoris Laetitia dan menjadi kesempatan untuk lebih fokus pada isi dokumen tersebut,” kata paus saat Angelus pada 26 Desember.

“Refleksi ini akan tersedia bagi komunitas gereja dan keluarga, yang akan menemani mereka dalam perjalanan hidup mereka,” tambahnya.


Paus Fransiskus mengatakan bahwa pada 19 Maret 2021, Gereja akan menandai lima tahun sejak penandatanganan Amoris Laetitia setelah sinode tentang keluarga pada tahun 2014 dan 2015.

Pengumuman paus itu menyusul pengumuman paus untuk dedikasi bagi Santo Yusuf, yang dimulai pada 8 Desember 2020 dan akan berakhir pada 8 Desember 2021.

Paus Fransiskus menerbitkan seruan apostolik Amoris Laetitia (Sukacita Kasih) pada 8 April 2016, meskipun telah ditandatangani pada 19 Maret di tahun yang sama.

Anjuran apostolik ini merupakan salah satu dokumen terpanjang dalam sejarah kepausan, terdiri dari pendahuluan dan sembilan bab, yang merefleksikan tantangan perkawinan dan kehidupan keluarga.

Dalam sebuah pernyataan pers, Dikasteri bagi Orang Awam, Keluarga, dan Kehidupan mengatakan tahun 2021 akan dikenal secara resmi sebagai Tahun Keluarga Amoris Laetitia.

- Newsletter -

“Pengalaman pandemi telah menyoroti peran sentral keluarga sebagai Gereja rumah tangga dan telah menunjukkan pentingnya ikatan komunitas di antara keluarga, yang menjadikan Gereja sebagai ‘keluarga dari semua keluarga’ yang otentik,” bunyi deklarasi itu.

Dikasteri itu juga mengumumkan pembuatan situs web baru, www.amorislaetitia.va yang didedikasikan untuk tahun tersebut, yang akan dimulai pada 19 Maret 2021, dan berakhir pada 26 Juni 2022, dengan perayaan Pertemuan Keluarga Sedunia ke-10 di Roma.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest