Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Features (Bahasa) Imam pengusir setan asal Filipina ingatkan bahaya film horor

Imam pengusir setan asal Filipina ingatkan bahaya film horor

Seorang imam Katolik yang memiliki kemampuan eksorsisme dari kota Dumaguete, Filipina tengah, mengaku bahwa dalam pelayanannya sebagai pengusir setan ia menemukan apa yang tampaknya merupakan adegan dari film horor.

Pastor Ronnie Ablong, pastor baru di kuasi paroki St. Vincent Ferrer di desa Camanjac di Dumaguete menemukan hal itu  pada tahun 2020 ketika seorang wanita dibawa kepadanya untuk pengusiran setan.

Imam itu, seorang “pengusir setan” yang diberi kuasa oleh keuskupan, menilai kondisi wanita itu dan menemukan bahwa dia “sakit”.




Sebelum melakukan ritual pengusiran setan, Pastor Ablong bersama tim kecilnya menyelidiki latar belakang wanita itu.

Dalam serangkaian wawancara, wanita itu mengaku telah melakukan “sihir” pada seseorang.

Pengakuan wanita itu tidak mengejutkan Pastor Ablong yang mengatakan bahwa kerasukan biasanya merupakan hasil dari keterlibatan atau praktik “tindakan setan” seperti okultisme dan menjalani “kebiasaan hidup dalam dosa berat.”

Ia mengatakan, wanita itu juga dari keluarga dengan riwayat mempraktikkan sihir.

“Tidak heran dia dirasuki,” kata imam itu. “Keluarganya telah bekerja sama dengan iblis selama beberapa generasi,” tambah Pastor Ablong dalam sebuah wawancara dengan LiCAS.news.

- Newsletter -

Imam itu mengatakan melakukan eksorsisme tidak mudah, serta menambahkan bahwa setelah sesi selama berminggu-minggu, dia hanya berhasil mengusir 39 setan dari wanita itu.

Imam itu mengatakan beberapa setan yang dia usir tidak memiliki nama, tetapi beberapa dari mereka memiliki nama yang tidak asing lagi.

“Saya mencari di Google beberapa nama dan menemukan bahwa itu digunakan dalam film horor,” katanya.

Foto dari salah satu adegan dalam serial film Conjuring yang tayang online.

Dalam sebuah sesi pengusiran, Pastor Ablong bertanya kepada wanita itu apakah dia menonton film-film horor tersebut. Wanita itu mengiyakan.

Imam eksorsis itu mengatakan bahwa lima dari 39 setan yang dia temukan adalah karakter utama atau sekunder dari beberapa film horor.

Setan pertama adalah “Valak” dari film “The Nun”, yang merupakan film kelima dari serial film horor “Conjuring” yang mulai tayang pada tahun 2014.

Setan kedua adalah “Esme atau Cillen” dari film yang diadaptasi dari seri buku “Twilight” yang ditulis oleh Stephanie Meyer.

Iblis ketiga adalah “Sylvia Ganush” dari film “Drag Me to Hell” sebuah film tahun 2009 yang mendapat banyak pujian dan penghargaan.

Kemudian ada juga setan keempat yang bernama ‘Dina Walter” yang merupakan tokoh film box office “Lights Out” yang dirilis pada tahun 2016.

Yang kelima adalah “Annabelle” yang merupakaan film horor ketujuh dan mungkin yang paling dikenal dalam serial Conjuring” yang dirilis dari 2013 hingga 2019.




Daftar nama-nama setan itu diunggah Pastor Ablong dalam sebuah unggahan media sosial untuk memperingatkan orang-orang terhadap kemungkinan kerasukan setan karena terpapar secara terus menerus pada film horor yang dibuat berdasarkan “kisah nyata tentang setan.”

“Saya membuat posting ini untuk memperingatkan semua orang tentang bahaya tertentu yang muncul dari film horor atau film yang berhubungan dengan sihir dan santet,” kata imam itu.

“Tidak ada yang kerasukan dalam semalam. Kerasukan adalah hasil dari terbukanya banyak pintu menuju iblis,” kata imam itu.

Pastor Ablong memulai pelayanannya tiga tahun lalu setelah Uskup Lito Cortes dari Dumaguete menekankan perlunya pelayanan eksorsisme di keuskupan itu.

Sebelum ditugaskan di provinsi Negros Oriental, Pastor Ablong berkarya di provinsi Siquijor.

Ia mengatakan belum ada imam lain selain dia di keuskupan itu yang menerima tantangan untuk menjadi pengusir setan, tetapi setidaknya ada tujuh orang awam telah bergabung dengannya dalam “perang melawan iblis.”

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest