Home LiCAS.news Bahasa Indonesia News (Bahasa) Baptisan bayi Katolik Filipina terbanyak di dunia

Baptisan bayi Katolik Filipina terbanyak di dunia

Filipina menduduki peringkat satu dunia dalam hal jumlah bayi yang dibaptis Katolik, menurut data terbaru dalam Buku Tahunan Statistik Gereja Katolik.

Negara ini juga menduduki peringkat ketiga di dunia sebagai negara dengan jumlah umat Katolik terbanyak.

Filipina memperingati 500 tahun pembaptisan Katolik pertama di negara itu pada Rabu, 14 April.


Pada tanggal 14 April 1521, kepala suku Cebu, Datu Humabon, dan 800 pengikutnya dibaptis menjadi Katolik oleh Pastor Pedro de Valderrama.

Pembaptisan dilakukan seminggu setelah kedatangan ekspedisi Spanyol yang dipimpin oleh penjelajah Portugis Ferdinand Magellan di pulau Cebu.

Laporan Catholic News Service menyebutkan bahwa Filipina mencatat lebih dari 1,6 juta anak di bawah usia 7 tahun dibaptis pada akhir 2019.

Negara berikutnya adalah Meksiko dengan lebih dari 1,48 juta, disusul Brasil dengan lebih dari 1,05 juta, Amerika Serikat dengan 595.286, dan Kolombia dengan 442.396 baptisan.

Buku tahunan Gereja Katolik itu juga memberikan statistik terpisah untuk pembaptisan orang-orang yang berusia di atas tujuh tahun.

- Newsletter -

Secara keseluruhan, Filipina tetap berada di lima negara teratas dengan pembaptisan Katolik terbanyak.

Angka-angka itu menunjukkan Brasil memiliki 177 juta umat Katolik yang dibaptis pada 2019, disusul Meksiko pada posisi kedua dengan jumlah 115,5 juta orang Katolik. Di posisi ketiga ada Filipina dengan total 89 juta Katolik, diikuti Amerika Serikat dengan jumlah hampir 74 juta dan Italia dengan jumlah 57,8 juta.

Annuario Pontificio, yang diterbitkan pada Maret, berisi angka-angka yang berlaku hingga 31 Desember 2019, tentang setiap kantor Vatikan, serta setiap keuskupan dan ordo religius di dunia.

Di seluruh dunia, jumlah umat Katolik telah meningkat 16 juta orang dalam setahun menjadi 1,34 miliar, stabil pada kisaran 17,7 persen dari populasi global.

Pertumbuhannya pun tersebar di seluruh benua, kecuali Eropa.

Pada tahun 2019, 48,1% umat Katolik dunia tinggal di Amerika, diikuti oleh Eropa dengan 21,2%, Afrika dengan 18,7%, sekitar 11% di Asia dan 0,8% di Oseania.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest