Home LiCAS.news Bahasa Indonesia News (Bahasa) Ketua waligereja Filipina yang baru akan ditentukan minggu depan

Ketua waligereja Filipina yang baru akan ditentukan minggu depan

Persiapan Sinode Para Uskup tentang sinodalitas di Vatikan pada tahun 2023 akan menjadi agenda utama dalam pertemuan itu

Konferensi Waligereja Filipina dijadwalkan akan memilih pemimpin baru saat para uskup mengadakan rapat pleno minggu depan.

Uskup Agung Romulo Valles dari Davao, presiden Konferensi Waligereja Katolik Filipina (CBCP) saat ini, akan mengadakan pertemuan dua hari pada 8 Juli. Prelatus itu telah menjabat sebagai kepala konferensi itu selama empat tahun.

Para uskup diharapkan untuk memilih pengganti Uskup Agung Valles sebagai presiden dan pengganti Uskup Pablo Virgilio dari Kalookan sebagai wakil presiden konferensi saat ini.

Sembilan perwakilan regional dari Dewan Tetap konferensi juga akan dipilih.


Monsignor Bernardino Pantin, sekretaris jenderal CBCP, mengatakan kepada CBCP News bahwa para uskup juga akan memilih bendahara dan ketua baru dari berbagai komisi konferensi uskup.

Ia mengatakan para pemimpin baru akan memulai tugas masing-masing pada 1 Desember 2021.

Monsinyur Pantin mengatakan pertemuan itu akan didahului dengan retret dua hari yang dilakukan secara online dari 5-6 Juli.

Di antara agenda yang diharapkan akan dibahas dalam sidang tersebut adalah persiapan Sinode Para Uskup tentang sinodalitas di Vatikan tahun 2023.

- Newsletter -

Konferensi ini juga diharapkan menghasilkan pernyataan pastoral.

Hingga saat ini, CBCP terdiri dari 87 uskup aktif, dua administrator keuskupan, dan 41 anggota kehormatan.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest