Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Vatikan perpanjang waktu konsultasi Sinode di tingkat keuskupan

Vatikan perpanjang waktu konsultasi Sinode di tingkat keuskupan

Konferensi para uskup di seluruh dunia diberi waktu hingga 15 Agustus 2022 untuk menyerahkan ringkasan konsultasi mereka

Vatikan mengumumkan bahwa keuskupan-keuskupan di seluruh dunia diberikan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan konsultasi lokal menjelang Sinode tentang Sinodalitas tahun 2023.

Sekretariat Jenderal Sinode Para Uskup mengatakan pada 29 Oktober bahwa konferensi para uskup di seluruh dunia sekarang memiliki waktu hingga 15 Agustus 2022, untuk menyerahkan ringkasan konsultasi mereka.

Badan yang mengawasi proses sinode selama dua tahun itu sebelumnya memberi batas waktu menyerahkan ringkasan pada April 2022, enam bulan setelah fase keuskupan dibuka secara resmi oleh Paus Fransiskus pertengahan Oktober.

Perubahan itu berarti bahwa keuskupan sekarang memiliki waktu 10 bulan untuk menyelesaikan proses konsultasi, yang digambarkan sebagai konsultasi terbesar dalam sejarah umat manusia.



Keuskupan kemungkinan besar akan menyambut perpanjangan itu karena penyelenggara sinode telah mendesak mereka untuk memasukkan “semua yang dibaptis” dalam proses konsultasi, tidak hanya mereka yang rajin ke gereja.

Sebuah buku pegangan untuk keuskupan mengatakan: “Perhatian khusus harus diberikan untuk melibatkan orang-orang yang mungkin berisiko dikucilkan: wanita, orang cacat, pengungsi, migran, orang tua, orang-orang yang hidup dalam kemiskinan, umat Katolik yang jarang atau tidak pernah mempraktekkan iman mereka, dll.”

Pada hari Jumat, Sekretariat mengatakan, “Berbagai komunikasi yang kami terima dalam minggu-minggu pertama proses sinode dari Konferensi Waligereja, keuskupan dan eparki (keuskupan Ortodox) benar-benar merupakan konfirmasi yang menggembirakan dari mereka didalam Gereja yang berkomitmen untuk merayakan fase pertama dari proses sinode — yang temanya adalah Menuju Gereja Sinode: Persekutuan, Partisipasi, dan Misi — dibentuk oleh musyawarah Umat Allah. Untuk semua ini, kami benar-benar berterima kasih.”

- Newsletter -

“Selama periode ini, kami telah mendengar, berulang kali dan dari banyak pihak, permintaan untuk memperpanjang durasi tahap pertama proses sinode untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi umat Allah untuk memiliki pengalaman otentik tentang mendengarkan dan berdialog.”

“Sadar bahwa Gereja sinode adalah Gereja yang mendengarkan, dan mengingat fase pertama ini penting untuk jalan sinode ini dan mengevaluasi permintaan-permintaan ini, serta selalu mencari kebaikan Gereja, Dewan Sinode Para Uskup telah memutuskan untuk memperpanjang batas waktu hingga 15 Agustus 2022 untuk penyampaian ringkasan konsultasi oleh Konferensi Waligereja, Gereja-Gereja Katolik Oriental dan badan-badan gerejawi lainnya

An infographic showing the timeline for the synod on synodality. Vatican Media.
Infografis yang menunjukkan kronologi sinode (Vatican Media)

Pada bulan Mei, Vatikan mengumumkan bahwa proses menuju Sinode akan dibuka dengan fase keuskupan yang berlangsung dari Oktober 2021 hingga April 2022.
Fase kedua, atau fase kontinental akan berlangsung dari September 2022 hingga Maret 2023.

Fase ketiga, fase universal akan dimulai dengan Sidang Umum XVI Sinode Para Uskup di Vatikan pada Oktober 2023.

Dalam pidatonya kepada umat Katolik di Keuskupan Roma pada bulan September, Paus Fransiskus menekankan pentingnya fase keuskupan dalam keseluruhan proses sinode.
Paus menekankan bahwa untuk kembali ke proses sinode, fase keuskupan sangat penting, karena melibatkan, mendengarkan semua yang dibaptis.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest