Home LiCAS.news Bahasa Indonesia News (Bahasa) Seniman Filipina ekspresikan dukungan bagi pahlawan kesehatan

Seniman Filipina ekspresikan dukungan bagi pahlawan kesehatan

Sekelompok seniman menghabiskan setidaknya empat jam setiap hari selama hampir satu minggu, dengan bergantung pada tali, untuk membuat mural yang menggambarkan seorang pahlawan fiksi Filipina mengenakan pakaian petugas kesehatan.

AG Saño, seorang seniman yang bertanggung jawab atas beberapa mural jalanan di Filipina, memimpin kelompok “Art Attack” dalam melukis “Darna” di dinding sebuah bangunan apartemen di Kota Quezon di ibukota Filipina.

Dia mengatakan konsep itu muncul setelah dia ditugaskan untuk melukis tentang para petugas medis yang berada pada garis terdepan.

“Saya pikir akan lebih baik jika saya melukisnya di dinding,” katanya. “Jadi, saya membuat konsep yang menunjukkan tokoh pahlawan karena itulah cara kami melihat petugas kesehatan sekarang,” katanya kepada LiCAS.news.




Saño mengatakan bahwa petugas layanan kesehatan adalah “makhluk super” karena “tidak mementingkan diri sendiri untuk melayani pada saat ini di mana setiap orang terancam oleh penyakit.”

Dia mengatakan gambar pertama adalah gambar seorang pahlawan wanita (Superwoman), karakter fiksi Amerika yang mengenakan baju petugas kesehatan.

Akan tetapi pemilik bangunan menyarankan “superhero lokal.”

- Newsletter -

“Jadi, saya langsung memikirkan Darna,” kata artis itu.

Darna adalah tokoh superhero komik Filipina yang diciptakan oleh penulis Mars Ravelo dan seniman Nestor Redondo. Tokoh ini pertama kali muncul dalam buku-buku komik pada 13 Mei 1950.

Karakter itu telah diadaptasi secara luas dan digambarkan dalam film dan televisi sejak penciptaannya.

Setidaknya ada 14 aktris Filipina yang memerankan Darna dalam film dan serial televisi dari tahun 1951 hingga 2020.

Saño mengatakan aktris film Angel Locsin, yang menjadi Darna pada generasi saat ini, menjadi modelnya untuk karya seni kali ini.

Sebuah gambar pahlawan super komik Filipina dengan pakaian petugas kesehatan sedang dilukis di dinding sebuah kondominium di ibukota Filipina untuk menghormati para pekerja kesehatan. (Foto oleh Jire Carreon)

Dalam pesan singkatnya, aktris itu memberi tahu LiCAS.news bahwa dia bersyukur para seniman menggunakan semangat dan bakat mereka untuk menghormati pekerja kesehatan.

Locsin mengatakan sebuah kehormatan bagi diriny untuk dimasukkan sebagai salah satu inspirasi di balik sebuah karya seni hebat yang mempromosikan persatuan, kasih sayang, dan kebaikan dalam masa-masa sulit ini.

Dia berterima kasih kepada Saño karena membuat lukisan yang mewakili “pahlawan kehidupan nyata saat ini” dan meminta  masyarakat untuk terus memberi dukungan bagi petugas kesehatan.

Locsin sebelumnya menjadi berita utama setelah dia dan timnya mengumpulkan sekitar US $ 223.000 yang digunakan untuk mendirikan 225 tenda isolasi dan 21 tenda sanitasi dengan mesin pengembun di 135 rumah sakit selama masa pademik.

Departemen Kesehatan Filipina melaporkan 205 kasus virus corona pada 18 Mei, sehingga total menjadi 12.718.

Departemen Kesehatan mencatat tujuh kematian baru, dengan total 831 kematian di Filipina

Tiga dari pasien COVID-19 yang baru adalah petugas kesehatan. Ini membawa jumlah total personel yang terinfeksi menjad 2.314. Tidak ada kematian baru di antara petugas medis garda depan yang tercatat dalam seminggu, masih tetap 35 orang.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest