Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Kegiatan keagamaan di Filipina masih dilarang meskipun ada pelonggaran

Kegiatan keagamaan di Filipina masih dilarang meskipun ada pelonggaran

Pemerintah Filipina masih melarang kegiatan keagamaan secara massal meskipun pihak berwenang telah melonggarkan tindakan karantina di seluruh negara itu.

Satuan Tugas Antar-Lembaga untuk Penanganan Penyakit Menular minggu ini menolak permohonan untuk memungkinkan pertemuan keagamaan dilakukan secara publik.

“Saya tidak bisa mengatakan kapan akan diizinkan tetapi kami akan mempertimbangkan datanya,” kata juru bicara kepresidenan Harry Roque.

“Kami akan melihat kesiapan untuk perawatan kritis. Tetapi untuk saat ini, kami tidak akan mengizinkan pertemuan massal untuk tujuan keagamaan,” katanya.




Pada tanggal 1 Juni, wilayah ibu kota negara ini telah beralih dari karantina komunitas yang ketat menjadi karantina masyarakat umum yang lebih santai.

Keputusan untuk meringankan pembatasan penguncian muncul setelah walikota Metro Manila menyerahkan rekomendasi mereka kepada satuan tugas antar-lembaga pekan lalu.

Kepala eksekutif lokal mendesak langkah-langkah karantina yang lebih santai untuk memungkinkan bisnis beroperasi dan perekonomian dimulai kembali.

- Newsletter -

Perwakilan dari sektor keagamaan dan otoritas sipil telah bertemu untuk membahas rencana tentang bagaimana menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan gereja.

Namun, pihak berwenang menyatakan bahwa pertemuan keagamaan harus dibatasi hingga 10 orang di daerah-daerah di bawah “karantina masyarakat umum”.

Departemen kesehatan negara itu melaporkan delapan kematian lagi karena COVID-19 dan 751 infeksi tambahan dari coronavirus baru pada 3 Juni.

Total kematian akibat virus corona di Filipina mencapai 974 dan kasus yang dikonfirmasi telah meningkat menjadi 19.748, lapor Reuters.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest