Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Kardinal Sri Lanka desak agar pembatasan acara keagamaan dicabut

Kardinal Sri Lanka desak agar pembatasan acara keagamaan dicabut

Uskup Agung Kolombo telah meminta otoritas Sri Lanka untuk mengizinkan publik hadir pada kegiatan keagamaan setelah dilarang selama berbulan-bulan di bawah tindakan karantina yang ketat akibat pandemi virus corona.

“Kami meminta agar mereka yang dengan sabar menunggu untuk menghadiri Misa Kudus diizinkan untuk hadir, namun dalam kondisi tertentu dan dengan sejumlah orang di bawah aturan karantina,” kata Kardinal Malcolm Ranjith seperti dilaporkan Asia News.

Gereja Katolik di Sri Lanka membatalkan perayaan Misa publik dan layanan keagamaan lainnya pada bulan Maret sebagai dukungan terhadap upaya pemerintah untuk meredam penyebaran penyakit virus corona.

Dalam pesannya saat Misa online pada 7 Juni, Kardinal Ranjith mengatakan umat Katolik telah mendukung pemerintah selama penguncian dengan menangguhkan misa publik dan menutup gereja di seluruh negeri.




Prelatus itu mengatakan Gereja Katolik tidak meminta “perlakuan khusus” tapi hanya meminta pemerintah untuk mengizinkan orang Kristen melanjutkan pelayanan keagamaan. “Agama-agama lain juga harus diberi kesempatan yang sama,” katanya.

Pada 7 Juni, kementerian kesehatan Sri Lanka mengatakan perjuangan melawan penyakit virus corona “sejauh ini berhasil” dengan hanya 1.835 kasus yang dikonfirmasi sejak Maret.

Setidaknya 880 orang telah dirawat di berbagai rumah sakit untuk perawatan, sementara 941 orang telah pulih dari penyakit ini. Hanya 11 kematian yang dicatat.

- Newsletter -

Gereja-gereja di Sri Lanka hanya mengadakan Misa online selama tiga bulan terakhir. Jaringan televisi yang dikelola Gereja Verbum TV juga menyiarkan kegiatan gereja, program keagamaan, dan pesan resmi.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest