Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Vatikan luncurkan kampanye #sendyourhug untuk mendukung lansia

Vatikan luncurkan kampanye #sendyourhug untuk mendukung lansia

Vatikan minggu ini meluncurkan kampanye “lansia adalah kakek-nenekmu” sebagai tanggapan atas seruan Paus Fransiskus bagi kaum muda untuk menunjukkan kedekatan dengan kelompok lanjut usia (lansia)

Pada tanggal 26 Juli, paus mengundang orang-orang muda di seluruh dunia untuk menunjukkan “tanda kasih sayang” terhadap para lansia, karena banyak yang terpaksa terisolasi karena pandemi virus corona

Dikasteri bagi Awam, Keluarga dan Kehidupan langsung menjawab seruan paus itu dan meluncurkan kampanye “The Elderly are Your Grandparents” (Kaum lansia adalah kakek-nenekmu).




Dalam sebuah komunike yang dikeluarkan pada 27 Juli, dikasteri itu mengajak orang-orang muda untuk melakukan sesuatu yang menunjukkan kebaikan dan kasih sayang kepada orang tua yang mungkin merasa kesepian.

Pandemi telah menyusahkan orang lanjut usia dan telah memutus hubungan yang sudah lemah antar generasi,” bunyi pernyataan itu.

“Namun, mengikuti aturan jarak sosial tidak berarti mereka harus mengalami kesepian dan pengabaian.”

Dikaster bagi Awam, Keluarga dan Kehidupan menyebut beberapa contoh cara berhubungan dengan kaum lansia misalnya melalui telepon dan internet, bahkan beberapa melakukan pertunjukan musik dan nyanyian kepada para penghuni panti jompo.

- Newsletter -

“Orang-orang muda telah melakukan ini untuk membantu meringankan kesepian yang dirasakan oleh banyak orang yang karena pandemi terpaksa tinggal di rumah atau tetap terkurung dalam fasilitas perawatan,” bunyi pernyataan itu.

Karena peraturan kesehatan, dikasteri meminta orang muda Katolik untuk “mengirim pelukan” kepada orang-orang tua di paroki atau lingkungan mereka yang mungkin mengalami kesepian.

Mereka dapat melakukannya melalui telepon, panggilan video, atau dengan mengirim gambar.

“Sedapat mungkin, kami mengajak kaum muda untuk membuat pelukan ini semakin nyata dengan mengunjungi kaum lansia secara langsung.”

Kaum muda juga didorong untuk membagikan kegiatan menjangkau kaum lansia yang mereka lakukan melalui media sosial dengan memasukkan tagar #sendyourhug (kirim pelukanmu) dalam unggahan mereka.

Posting terbaik akan dibagikan di akun media sosial Dikasteri bagi Awam, Keluarga, dan Kehidupan @laityfamilylife.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest