Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Vatikan klarifikasi komentar Paus Fransiskus tentang persatuan sipil sesama jenis

Vatikan klarifikasi komentar Paus Fransiskus tentang persatuan sipil sesama jenis

Vatikan telah mengklarifikasi komentar yang dibuat oleh Paus Fransiskus belum lama ini untuk sebuah film dokumenter, tentang masalah persatuan sipil kaum gay.

Dalam sebuah unggahan media sosial Uskup Agung Franco Coppolo, duta besar apostolik untuk Meksiko, mengatakan Sekretaris Negara Vatikan telah meminta perwakilan kepausan untuk membagikan klarifikasi itu.

“Beberapa poin bermanfaat disampaikan, dengan keinginan untuk memberikan pemahaman yang memadai tentang kata-kata Bapa Suci,” bunyi pernyataan Uskup Agung Coppolo di Facebook pada 30 Oktober.

Ia mengatakan menurut penjelasan Vatikan komentar paus tidak berkaitan dengan doktrin Katolik mengenai hakikat pernikahan sebagai persatuan antara satu pria dan satu wanita, tetapi dengan ketentuan hukum perdata.




Uskup Agung Coppolo mengatakan dalam sebuah wawancara media bahwa apa yang dia unggah di akun media sosialnya diberikan oleh Sekretariat Negara Vatikan kepada para duta apostolik.

Unggahan tersebut mencatat bahwa dalam wawancara sebelumnya dengan Paus Fransiskus, paus menjawab dua pertanyaan berbeda pada dua waktu yang berbeda, dalam film dokumenter “Francesco” yang diedit dan diterbitkan sebagai jawaban tunggal “tanpa kontekstualisasi yang tepat, yang menyebabkan kebingungan.”

“Bapa Suci pertama kali membuat referensi pastoral tentang perlunya putra atau putri dengan orientasi homoseksual agar tidak didiskriminasi dalam keluarga,” baca postingan Uskup Agung Coppolo.

- Newsletter -

“Mereka merujuk pada kata-kata: ‘Kaum gay memiliki hak untuk berada dalam keluarga; mereka adalah anak-anak Tuhan, mereka berhak atas sebuah keluarga. Anda tidak dapat mengeluarkan siapa pun dari keluarga atau membuat hidup menjadi tidak mungkin karena alasan itu, ” tambahnya.

Menghormati martabat manusia

Postingan tersebut diikuti oleh sebuah paragraf yang mengutip ensiklik “Amoris Laetitia” yang berbunyi: “Dengan orang tua sinodal, saya telah mempertimbangkan situasi keluarga yang mengalami ketidaknyamanan dengan orang-orang dengan kecenderungan gay, sebuah pengalaman yang tidak mudah bagi orang tua atau anak mereka.

“Karena itu, kami berharap pertama dan terutama untuk menegaskan kembali bahwa setiap orang, terlepas dari kecenderungan seksual mereka, martabatnya harus dihargai dan diterima dengan hormat, berusaha untuk menghindari ‘tanda diskriminasi yang tidak adil,’ dan terutama segala bentuk agresi dan kekerasan.

“Sejauh menyangkut keluarga, mereka harus memastikan pendampingan yang saling menghormati, sehingga mereka yang menunjukkan kecenderungan gay dapat mengandalkan bantuan yang mereka butuhkan untuk sepenuhnya memahami dan mewujudkan kehendak Tuhan dalam hidup mereka,” bunyi pernyataan itu. .

Mengenakan masker, Paus Fransiskus menghadiri kebaktian lintas iman untuk perdamaian bersama dengan perwakilan agama lainnya di Basilika Santa Maria di Aracoeli, sebuah gereja di atas Bukit Capitoline Roma, 20 Oktober. (Foto oleh Andreas Solaro / AFP)

Ia kemudian menambahkan bahwa pertanyaan selanjutnya dari wawancara dalam film dokumenter itu “terkait erat dengan undang-undang lokal sepuluh tahun lalu di Argentina” tentang “pernikahan sesama jenis yang setara” dan yang ditentang uskup agung Buenos Aires saat itu.

“Paus Fransiskus telah menegaskan bahwa ‘tidak pantas untuk berbicara tentang pernikahan gay,’ dan menambahkan bahwa, dalam konteks yang sama, dia telah membahas hak orang-orang ini untuk mendapatkan perlindungan hukum: ‘Yang perlu kita lakukan adalah membuat hukum sipil hidup bersama. Mereka memiliki hak untuk dilindungi secara hukum. Saya membela itu. ‘”

“Bapa Suci telah mengungkapkan seperti ini selama wawancara tahun 2014: ‘Pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita. Negara sekuler ingin membenarkan serikat sipil untuk mengatur berbagai situasi hidup bersama, didorong oleh tuntutan untuk mengatur aspek ekonomi di antara masyarakat, seperti memastikan perawatan kesehatan.

“Ini adalah perjanjian koeksistensi yang sifatnya berbeda, yang saya tidak akan tahu bagaimana cara memberikannya dalam bentuk yang berbeda. Penting untuk melihat berbagai kasus dan mengevaluasinya dalam keragamannya,” kata paus seperti dikutip saat itu.

“Oleh karena itu jelas bahwa Paus Fransiskus telah merujuk pada ketentuan negara tertentu, tentu saja bukan doktrin Gereja, yang berkali-kali ditegaskan kembali selama bertahun-tahun,” tulis Uskup Agung Coppolo.




Tidak ada yang baru

Pernyataan Paus Fransiskus sebelumnya memicu reaksi beragam yang dipicu oleh berbagai interpretasi media.

Komentar singkat paus dalam film dokumenter “Francesco” dilaporkan oleh beberapa media sebagai penyimpangan dari posisi doktrin Vatikan dan pendahulu paus tentang masalah ini.

Namun, pernyataan paus itu tidak berbeda dengan pernyataan sebelumnya yang dia buat tentang undang-undang persatuan sipil yang dapat memberikan perlindungan hukum bagi pasangan dalam komitmen hubungan jangka panjang.

“Kaum homoseksual memiliki hak untuk berada dalam keluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak untuk berkeluarga,” kata Paus Fransiskus dalam film yang tayang perdana di Roma pada 21 Oktober itu.

“Tidak ada yang harus dikucilkan atau dibuat sengsara karenanya. Yang harus kita buat adalah payung hukum persatuan sipil. Dengan begitu mereka dilindungi hukum, ”katanya.

Dalam pernyataan sebelumnya, paus berulang kali mengatakan bahwa orang tua tidak boleh memungkiri seorang anak yang punya kecenderungan gay, dan, dalam beberapa kesempatan, dia berbicara tentang hak yang dimiliki semua orang untuk memiliki keluarga.

Dalam wawancara tahun 2019, paus mengatakan dia “selalu membela doktrin,” mengacu pada pernikahan, dan menambahkan bahwa adalah suatu “kontradiksi untuk berbicara tentang pernikahan homoseksual.”

Paus Fransiskus tiba untuk memimpin audiensi umum mingguan di Aula Paulus VI di Vatikan, 28 Oktober. (Foto oleh Tiziana Fabi / AFP)

Paus Fransiskus telah menjelaskan dalam pernyataan sebelumnya bahwa dia menjunjung tinggi ajaran gereja tentang seksualitas manusia, pernikahan, dan keluarga.

“Francesco,” sebuah film dokumenter baru tentang kehidupan dan ajaran Paus Fransiskus. Disutradarai oleh Evgeny Afineevsky, film ini membahas beberapa tema utama kepausan melalui serangkaian wawancara yang terjalin dengan cerita dari masa lalu.

Termasuk juga wawancara eksklusif dengan Paus Fransiskus sendiri, dengan Paus Emeritus Benediktus XVI, dengan anggota keluarga paus.

Film ini juga menyoroti “tantangan zaman kita,” urgensi yang perlu dijawab dan misi Gereja dalam menjaga mereka yang menderita ketidakadilan.

Sebuah pernyataan tentang film tersebut mengatakan Paus Fransiskus menjawab pertanyaan “dengan kebijaksanaan dan kemurahan hati” dengan berbagi “contoh mengharukan dari pelajaran hidupnya,” menghidupkan kembali cita-cita yang “dapat membantu kita membangun jembatan menuju masa depan yang lebih baik dan tumbuh sebagai komunitas global.”

Film ini ditayangkan perdana di Roma pada 21 Oktober di Festival Film Roma.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest