Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Biarawati pejuang hak-hak warga desa Filipina meninggal dunia

Biarawati pejuang hak-hak warga desa Filipina meninggal dunia

Biarawati Filipina yang dikenal karena memperjuangkan  keadilan sosial dan hak asasi manusia meninggal pada usia 67 tahun pada 11 April.

Suster Mary Francis Añover dari tarekat Religious Puteri Kasih (RSM) didiagnosis menderita kanker payudara stadium 3 pada November tahun lalu.

Selama dua period ia menjadi anggota dewan umum RSM Internasional dan dua kali sebagai koordinator nasional Misionaris Pedesaan Filipina (RMP) dari 2010 hingga 2016.



Tahun 2014, Suster Añover memimpin kampanye anti tambang
 yang beroperasi dalam skala besar yang mengancam akan menggusur ribuan penduduk asli di Filipina selatan.

Suster itu juga memelopori kampanye untuk perlindungan pekerja pedesaan dan pertanian dan mendorong reformasi pertanahan nasional bahkan setelah masa jabatannya sebagai koordinator nasional RMP.

Biarawati misionaris itu adalah seorang yang sangat vokal terhadap pembunuhan bermotif politik, fitnah terhadap kelompok hak asasi manusia berbasis gereja, dan pemberian tanda merah terhadap para aktivis.

Asosiasi Pemimpin Tarekat Religius di Filipina memberikan “penghormatan tertinggi” kepada Suster Añover, yang digambarkan sebagai “pejuang misi pedesaan yang ulung.”

Pastor Angel Cortez, sekretaris eksekutif asosiasi pemimpin tarekat religius, mengatakan kematian Suster Añover menjadi “kehilangan besar bagi kaum miskin pedesaan yang mencari keadilan dan kesetaraan sosial.”

- Newsletter -

Ofelia Cantor dari Platform Perdamaian Ekumenis Filipina menggambarkan Suster Añover sebagai seorang biarawati misionaris yang “sangat peduli untuk duduk dan mendengarkan narasi dari masyarakat miskin pedesaan dan penduduk asli.”

Jenazah Suster Añover dikremasi dan akan dibawa ke kampung halamannya di provinsi Leyte di Filipina tengah akhir pekan ini.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest