Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Umat Kristen dan Muslim dipanggil untuk menjadi pembawa harapan

Umat Kristen dan Muslim dipanggil untuk menjadi pembawa harapan

Vatikan telah mengeluarkan pernyataan yang mendorong umat Kristen dan Muslim untuk menjadi “pembawa harapan” saat bulan suci Ramadan.

Dalam pernyataan itu Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama mengatakan umat Kristen dan Muslim juga harus menjadi “saksi, pemulih dan pembangun” harapan terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan dan keputusasaan.

Pernyataan yang dirilis pada 16 April ditandatangani oleh Kardinal Miguel Ángel Ayuso Guixot, kepala dewan dialog antaragama Vatikan, dan sekretaris dewan Monsinyur Indunil Janakaratne Kodithuwakku Kankanamalage.




Vatikan mengakui bahwa tahun lalu ditandai dengan “penderitaan, kesedihan dan dukacita selama berbulan-bulan, terutama selama periode lockdown” di banyak negara.

“Pertolongan Tuhan yang kita butuhkan dan cari, terutama dalam keadaan seperti pandemi saat ini, berlipat ganda, seperti rahmat, pengampunan, pemeliharaan, dan karunia spiritual dan material Tuhan lainnya,” kata pernyataan itu.

Pesan dewan itu mengatakan “harapan muncul dari keyakinan kita bahwa semua masalah dan pencobaan yang kita lami memiliki arti, nilai, dan tujuan, betapapun sulit atau mustahil bagi kita untuk memahami alasan keberadaan masalah itu atau untuk menemukan jalan keluarnya.”

Dikatakan juga bahwa harapan “juga disertai dengan keyakinan akan kebaikan yang ada pada hati setiap orang”.

- Newsletter -

“Seringkali, dalam kesulitan dan keputusasaan, bantuan, dan harapan yang ditimbulkannya, bisa datang dari mereka yang tidak pernah kita harapkan,” lanjut pernyataan itu.

Pernyataan itu mengutip bagian dari ensiklik Paus Fransiskus, Fratelli tutti, di mana paus mengundang semua orang untuk memperbarui harapan karena harapan “menyampaikan kepada kita tentang sesuatu yang berakar dalam hati setiap hati manusia,apapun keadaan dan kondisi historis kita.”

Ramadan adalah bulan terpenting dalam kalender Islam, yang diyakini umat Islam sebagai momen Tuhan menurunkan ayat-ayat pertama Alquran kepada Nabi Muhammad.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest