Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Mantan nunsius apostolik Indonesia jadi Dubes Vatikan di India

Mantan nunsius apostolik Indonesia jadi Dubes Vatikan di India

Paus Fransiskus menunjuk Uskup Agung Girelli asal Italia sebagai nunsius apostolik yang baru untuk India pada 13 Maret

Duta besar baru Vatikan untuk India, Uskup Agung Leopoldo Girelli tiba di New Delhi pada pagi hari Jumat, 28 Mei.

Kedatangannya di bandara disambut oleh Uskup Agung Anil Couto dari Delhi dan Uskup Agung Kuriakose Bharanikulangara dari Faridabad bersama dengan beberapa pejabat kedutaan Vatikan.

Pastor Jervis D’Souza, wakil sekretaris jenderal Konferensi Waligereja India, mengatakan hanya beberapa delegasi yang bertemu dengan nunsius karena aturan kesehatan.



“Seluruh Gereja Katolik dan [konferensi uskup] senang atas kedatangan nunsius. Dia seorang yang ramah,” kata Pastor D’Souza.

Paus Fransiskus menunjuk Uskup Agung Girelli sebagai nunsius apostolik yang baru untuk India pada 13 Maret tahun ini.

Ia menggantikan Uskup Agung Giambattista Diquattro yang dipindahkan ke Brasil pada Agustus 2020.

Uskup Agung Girelli, 68, telah menjadi duta apostolik untuk Israel dan Siprus dan utusan apostolik untuk Yerusalem dan Palestina.

Lahir pada 13 Maret 1953 di Predore, Bergamo, di wilayah Lombardy, Italia utara, ia ditahbiskan menjadi imam Keuskupan Bergamo pada 17 Juni 1978.

- Newsletter -

Ia mendapat gelar doktor dalam bidang teologi dan gelar master dalam hukum kanon.

Mgr Girelli memasuki layanan diplomatik Takhta Suci pada 13 Juli 1987, dan bekerja pada misi Diplomatik Kepausan di Kamerun, Selandia Baru dan di Bagian Urusan Umum Sekretariat Negara Vatikan, dan akhirnya di Nunsiatur Apostolik untuk Amerika Serikat di mana dia memegang pangkat Penasihat.

Paus Benediktus XVI mengangkatnya menjadi nunsius apostolik untuk Indonesia pada 13 April 2006 dan juga mengangkatnya menjadi uskup agung. Ia ditahbiskan sebagai uskup pada 17 Juni 2006.

Pada 10 Oktober 2006, Mgr Girelli diangkat menjadi nunsius  apostolik untuk Timor-Leste.

Pada 13 Januari 2011, ia diangkat menjadi nunsius untuk Singapura, delegatus apostolik untuk Malaysia dan Brunei, dan Perwakilan Kepausan tidak tetap (non-residensial) untuk Vietnam.

Ia juga ditunjuk sebagai duta apostolik untuk Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara pada 18 Juni 2011.

Pada 13 September 2017, Paus Fransiskus menunjuknya menjadi nunsius apostolik untuk Israel dan utusan apostolik untuk Yerusalem dan Palestina.

Dua hari kemudian, paus juga mengangkatnya menjadi nunsius apostolik untuk Siprus. Selain menguasai bahasa Italia, Mgr Girelli juga fasih dalam bahasa Inggris dan Prancis. Laporan tambahan dari Matters India

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest