Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Nunsius apostolik untuk India didesak segera menunjuk uskup Dalit

Nunsius apostolik untuk India didesak segera menunjuk uskup Dalit

Gerakan Pembebasan Kristen Dalit di India mengatakan penunjukan uskup-uskup dari komunitas Dalit akan mencegah "pembangkangan yang akan segera terjadi"

Gerakan orang Kristen Dalit meminta nunsius apostolik yang baru untuk India, Mgr. Leopoldo Girelli, mengambil langkah-langkah yang perlu untuk mengangkat uskup dari komunitas Dalit di keuskupan di Tamil Nadu dan Pondicherry.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada nunsius, Gerakan Pembebasan Kristen Dalit mengatakan penunjukan uskup Dalit akan memulihkan kepercayaan pada umat Katolik Dalit dan mencegah mereka melakukan pembangkangan yang akan segera terjadi.

Surat yang dikutip situs berita Matters India juga menyerukan peninjauan kembali proses pengangkatan uskup, uskup agung, dan kardinal di India.

Kelompok Dalit itu mengatakan mereka terpaksa menulis “surat terbuka” setelah beberapa pesan dan email ke nunsiatur tidak digubris.

Kelompok itu mengatakan tidak adanya jawaban memaksa mereka untuk meragukan apakah surat-surat itu disampaikan kepada nunsius.

“Kami mengharapkan nunsius yang baru memahami situasi ini dengan hati-hati, dengan kepedulian dan mengambil langkah awal untuk menunjuk seorang uskup agung Dalit,” kata kelompok itu dalam surat yang ditandatangani oleh ketuanya M Mary John.

Surat itu mengatakan penunjukan seorang uskup non-Dalit dalam kurun waktu dua hari setelah nunsius tiba di India menyebabkan “kekecewaan dan kejutan besar” bagi umat Katolik Dalit.

Umat Katolik menghadiri Misa di Basilika St. Maria di Secunderabad, pada 6 Maret 2019. Umat Kristen Dalit mencakup 75 persen dari total populasi Kristen di India. (Foto oleh Noah Seelam/AFP)
- Newsletter -

Umat Katolik di negara bagian Tamil Nadu di India sebelumnya telah menyatakan kekecewaan mereka atas penunjukan seorang uskup baru non-Dalit untuk Keuskupan Salem yang senagian besar umatnya dari komunitas Dalit.

Paus Fransiskus menetapkan Pastor Arulselvam Rayappan, 60, dari Keuskupan Agung Pondicherry-Cuddalore, sebagai uskup baru Salem di negara bagian Tamil Nadu.

Ditahbiskan imam pada tahun 1986, Pastor Rayappan memiliki gelar doktor dalam Hukum Kanonik dari Universitas Urbaniana di Roma dan memimpin Institut Kepausan St. Petrus di Bangalore.

Dari tahun 2010 hingga 2018, ia menjdi sekretaris Komisi Hukum Kanonik dan Teks Legislatif Konferensi Waligereja India.

Pastor A. X. J. Bosco, SJ mengatakan kepada AsiaNews dalam wawancara sebelumnya bahwa penunjukan seorang non-Dalit untuk menjadi uskup di keuskupan Dalit “merupakan ketidakadilan.”

“Sejak 2004, delapan uskup telah diangkat dan tidak seorang pun kandidat dari kelompok mayoritas ini yang dipilih,” katanya.

Kristen Dalit adalah orang-orang “kasta rendah” di India yang pindah agama dari Hindu atau Islam menjadi Kristen dan mereka masih dikategorikan sebagai Dalit dalam masyarakat Hindu, Kristen, dan Islam. Diperkirakan 42 persen orang Kristen di India adalah kelompok Dalit. – Ditambah dengan laporan Matters India

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support LiCAS.news

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest