Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Negara bagian India beri uang tunai Natal kepada gereja-gereja

Negara bagian India beri uang tunai Natal kepada gereja-gereja

Para pemimpin Kristen di negara bagian Telangana, India selatan,  menyambut baik pemberian pemerintah negara bagian sebesar 100.000 rupee (US$ 1.428) masing-masing kepada 200 gereja untuk Natal.

Pemerintah Telangana pada 1 Desember mengumumkan hadiah yang diterima setiap gereja Kristen termasuk 500 paket hadiah yang terdiri dari pakaian untuk mereka yang membutuhkan.

“Gereja Katolik menghargai dan menyambut hadiah Natal dari pemerintah Telangana,” Pastor Joseph Arlagadda, wakil sekretaris Dewan Uskup Katolik Telugu (TCBC) dari Andhra Pradesh dan Telangana, mengatakan kepada LICAS News.

Pastor Anthoniraj Thumma, direktur regional Komisi Ekumenisme dan Dialog Antaragama, juga menyambut sikap pemerintah.

Dia mengatakan bahwa negara aktif dalam mengambil bagian dalam perayaan semua kelompok agama, dan menambahkan bahwa Natal telah dinyatakan sebagai festival resmi.

“Ini membantu mempromosikan hubungan baik dan kerukunan bersama,” kata Pastor Thumma, sekretaris eksekutif Federasi Gereja-Gereja Telugu.

Tepat sebelum 25 Desember, pejabat negara akan mengadakan makan malam Natal bersama para pemimpin gereja dari berbagai denominasi.

- Newsletter -

Pastor Arlagadda mengatakan pemerintah Telangana yang dipimpin oleh Kalvakuntla Chandra Shekhar Rao toleran terhadap komunitas Kristen dan Muslim.

Rao telah membagikan pakaian kepada keluarga Kristen dan menjadi tuan rumah makan malam Natal di masa lalu, kata imam itu.

Menteri Utama Telengana Kalvakuntla Chandra Shekhar Rao menghadiri perayaan Natal di Hyderabad pada tahun 2017. (Foto disediakan)

Sebagian besar gereja independen mendapat manfaat dari program pemerintah dan beberapa Gereja Protestan di kota kembar, Hyderabad dan Secunderabad, juga terdaftar dalam daftar penerima.

Negara memiliki inisiatif lain yang juga bermanfaat bagi komunitas Kristen di bidang-bidang seperti pekerjaan dan pendidikan.

Gereja Katolik di wilayah Telugu, yang meliputi Telangana dan negara tetangga Andhra Pradesh, telah membangun hubungan baik dengan pejabat negara.

Menerima hadiah Natal dan menghadiri makan malam yang diselenggarakan oleh pemerintah masing-masing telah menjadi acara yang membangunan jembatan hubungan antara warga di wilayah tersebut.

“Gereja melihat ke depan untuk pembicaraan resmi dengan pemerintah tentang banyak masalah utama yang mempengaruhi kehidupan dan praktik lembaga amal Kristen di kedua negara bagian,” kata Pastor Arlagadda.

Di masa lalu telah terjadi insiden sporadis oleh Hindu garis keras yang menyerang beberapa orang Kristen tetapi pemerintah segera menyelesaikan kasus-kasus ini, kata imam itu.

Dengan ibukota negara bagian yang sama Hyderabad, Telangana dan Andhra Pradesh dibentuk  pada 2014. Populasi Kristen di kedua negara bagian itu adalah 1,13 juta, menurut sensus 2011.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support LiCAS.news

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest