Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Paus mengatakan rahmat Tuhan melimpah bagi yang berbelas kasih

Paus mengatakan rahmat Tuhan melimpah bagi yang berbelas kasih

Paus Fransiskus mengatakan bahwa Allah akan menghakimi orang-orang sebagaimana mereka telah menghakimi orang lain, dan menekankan perlunya orang Kristen untuk rendah hati dan menunjukkan belas kasihan.

“Ukuran apakah yang saya gunakan untuk mengukur orang lain? Apa yang saya gunakan untuk mengukur diri saya sendiri? Ukuran murah hati, penuh dengan cinta Tuhan? Saya akan diadili sesuai dengan ukuran itu dan tidak ada yang lain, dan itulah yang saya gunakan, ”kata Paus Fransiskus saat Misa pada 30 Januari di St. Martha’s House di Vatikan, demikian dilaporkan Catholic News Service.

Dalam homilinya, paus merujuk pada Injil St Matius, yang memberi tahu orang-orang apa yang diperlukan untuk keselamatan – yaitu memberi makan orang yang lapar, memberi pakaian kepada yang telanjang, menerima orang asing.

Namun bacaan Injil pada hari itu, berpusat pada Injil Markus, khususnya tentang “bagaimana kita harus hidup.”

Paus Fransiskus berkata bahwa orang-orang Kristen harus memikirkan cara kita mengukur orang lain, karena “ukuran” yang digunakan Allah bukan menyangkut hal baik dan buruk yang kita lakukan, tapi lebih pada bagaimana kita “menjalani hidup kita.”

Dia mengatakan bahwa pelajaran utama dari kehidupan Yesus adalah kesediaannya untuk menanggung penghinaan, untuk menempatkan orang lain di atas diri kita sendiri dan tidak mengklaim tempat-tempat terhormat, meskipun layak mendapatkannya.

Paus mengatakan Kristus sendiri “adalah Tuhan, tetapi dia tidak berpegang teguh pada itu; dia merendahkan dirinya. Inilah model bagi kita.”

- Newsletter -

Tema belas kasih muncul berulang kali di semua Injil sinoptik.

Dalam Khotbah di Bukit, Yesus berkata, “Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan menerima kemurahan.”

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest