Home LiCAS.news Bahasa Indonesia News (Bahasa) Jakarta perketat protokol kesehatan pasca kerumunan massa Habib Rizieq

Jakarta perketat protokol kesehatan pasca kerumunan massa Habib Rizieq

Pihak berwenang di Jakarta akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam beberapa hari mendatang setelah ulama garis keras Muhammad Rizieq Shihab melanggar aturan ketika dia menyelenggarakan pertemuan massal di ibu kota negara pekan lalu.

Menurut media lokal, Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan bahwa pertemuan sosial besar-besaran akan dilarang di bawah tindakan penguncian sebagian ibu kota di tengah pandemi.

“Tidak akan ada orang banyak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak akan ada konser, tarian, nyanyian di depan umum. Tidak ada tahun ini, “kata gubernur, mengacu pada perayaan Natal dan Tahun Baru.



Akan tetapi warga mengkritik pihak berwenang karena gagal menghentikan pertemuan sekitar 10.000 orang pekan lalu saat  pernikahan putri Rizieq Shihab, seorang pemimpin Islam yang kontroversial.

Rizieq telah kembali dari pengasingan di Arab Saudi pada 10 November dan disambut oleh kerumunan pendukung yang dalam jumlah besar untuk menemuinya di bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Di bandara terjadi keributan saat para pendukungnya yang berpakaian putih melumpuhkan jalan tol, berebut untuk melihat  ulama junjungan mereka dan mencoba mencium tangannya. Beberapa maskapai penerbangan terpaksa menjadwal ulang penerbangan.

Rizieq juga menyapa ribuan pendukungnya di luar markas Front Pembela Islam di Jakarta. Perayaan pernikahan untuk putrinya pekan lalu dilaporkan menarik sekitar 10.000 tamu, pelanggaran jarak sosial dan batasan jumlah kerumunan karena pandemi.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, disambut oleh para pendukungnya di Tanah Abang, Jakarta, Indonesia, 10 November (Foto oleh Ajeng Dinar Ulfiana / Reuters)
- Newsletter -

Rizieq adalah pendiri Front Pembela Islam radikal, yang menargetkan agama, etnis dan seksual minoritas dan melakukan tindakan main hakim sendiri, termasuk penggerebekan di bar.

Rizieq, yang dipenjara pada tahun 2008 atas tuduhan menghasut kekerasan, menjadi tokoh Islam konservatif dan pempimpin gerakan yang berpengaruh secara politik yang berperan menjatuhkan mantan Gubernur Jakarta yang beragama Kristen, Basuki Tjahaja Purnama, yang dikenal sebagai Ahok. Pada tahun 2017 Ahok dipenjara karena menghina Islam.

Tahun itu, polisi mengajukan kasus terhadap Rizieq karena menghina ideologi Pancasila, dan melanggar undang-undang pornografi, setelah pertukaran teks panas dan foto tidak senonoh wanita dengan dirinya beredar online.

Ulama tersebut meninggalkan Indonesia pada 2017 dan polisi membatalkan kedua kasus tersebut setahun kemudian, tetapi dia tetap mengasingkan diri di Arab Saudi hingga 10 November.



‘Tindakan sembrono’

Sejumlah pertemuan besar setelah kepulangannya telah menimbulkan kehebohan, dan menurut laporan The Telegraph dua kepala polisi daerah dipecat karena gagal “menegakkan protokol kesehatan” dan Rizieq didenda sekitar US $ 3.500.

“Apa yang dilakukannya selama dua minggu terakhir ini pada dasarnya sembrono,” kata Andreas Harsono, peneliti Human Rights Watch Indonesia.

“Itu mungkin penyebar COVID besar yang bisa menyebabkan orang meninggal,” kata Harsono.

“Ini seperti mengendarai mobil saat Anda sedang mabuk. Itu sembrono. Apalagi dalam situasi seperti ini banyak dokter, perawat, supir ambulans, penggali kuburan meninggal dunia di Indonesia, ”imbuhnya.

Seorang pekerja dengan masker pelindung wajah menyapu jalan di dekat mural yang mempromosikan kesadaran akan COVID-19 di Jakarta, Indonesia, 2 Oktober (Foto oleh Ajeng Dinar Ulfiana / Reuters)

Dalam sebuah unggahan video, Rizieq mengatakan bahwa dia selalu berniat untuk menerapkan jaga jarak fisik saat pesta pernikahan, tetapi tamu dalam jumlah besar membuat hal itu tidak mungkin dilakukan.

“Tidak apa-apa, seperti inilah antusiasme [pendukung] saya. Saya berharap kita bisa terbebas dari penyakit apa pun dan Allah segera memberantas pandemi virus corona, ”katanya seperti dikutip dari Jakarta Post.

Dalam 24 jam terakhir, Jakarta mencatat 1.148 kasus baru penyakit baru virus corona, Jawa Tengah 495 kasus, Jawa Timur 480, Jawa Barat 365, dan Riau 274.

Pada 18 November, kasus COVID-19 di Indonesia naik 4.265 dalam satu hari menjadi 478.720, dengan jumlah kematian bertambah 110 menjadi 15.503.

Kementerian Kesehatan mengatakan 3.711 orang lagi dipulangkan dari rumah sakit, sehingga jumlah total pasien yang sembuh menjadi 402.347. Virus ini telah menyebar ke 34 provinsi di Indonesia.

Tambahan dari Reuters

Make a difference!

We work tirelessly each day to support the mission of the Church by giving voice to the voiceless.
Your donation will add volume to our effort.
Monthly pledge

Latest