Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Misionaris sekaligus pendidik asal AS meninggal di Bangladesh

Misionaris sekaligus pendidik asal AS meninggal di Bangladesh

Misionaris dan pendidik asal Amerika Serikat Pastor Joseph Stephen Peixotto dari Kongregasi Salib Suci meninggal di Moreau House di ibu kota Bangladesh pada 4 Februari pada usia 87 tahun.

Pastor itu pertama kali datang ke Bangladesh pada tahun 1962 dan mengajar di Notre Dame College selama 50 tahun. Pada tahun 2014, dia diangkat sebagai bendahara universitas itu hingga kematiannya.

Ia juga menjadi anggota berbagai komite dan dewan penasihat di pemerintahan dan Gereja, termasuk sebagai penasihat untuk berbagai sekolah dan lembaga pendidikan.




“Kontribusinya sebagai misionaris adalah mendidik orang-orang dari semua ras, agama, dan kasta,” kata Pastor James Cruze, CSC, pemimpin provinsi kongregasi.

“Ia telah membuka jalan bagaimana mengembangkan sistem pendidikan di Bangladesh,” tambah Pastor Cruze.

Perguruan Tinggi Notre Dame di Dhaka didirikan pada tahun 1949 dan saat ini diakui sebagai salah satu lembaga pendidikan utama negara itu untuk tingkat pendidikan  sekolah menengah atas dan sekolah sarjana empat tahun. Sekolah itu diakui secara nasional karena menghasilkan lulusan hebat dalam lingkungan yang netral secara politik.

Mendiang Pastor Peixotto juga dikenal karena kontribusinya bagi kesejahteraan sosialnya, terutama saat terjadi bencana.

- Newsletter -

Jyoti Gomes, direktur Sekolah Internasional St. Joseph, mengatakan Pastor Peixotto menderita penyakit jantung dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Desember, ia terinfeksi virus corona dan dirawat di rumah sakit.

Pastor Peixotto lahir di San Francisco, California, pada 6 Mei 1933. Ia ditahbiskan imam pada 9 Juni 1961.

Bangladesh adalah daerah misi tertua Kongregasi Salib Suci yang masih bertahan di luar Amerika Utara.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support Our Mission

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest