Home LiCAS.news Bahasa Indonesia Church & Society (Bahasa) Paus Fransiskus tunjuk uskup Korea menjadi kepala Kongregasi Klerus

Paus Fransiskus tunjuk uskup Korea menjadi kepala Kongregasi Klerus

Uskup Lazarus You Heung-sik menjadi uskup Asia kedua yang memimpin Kongregasi Klerus, setelah Kardinal José Tomás Sánchez dari Filipina

Paus Fransiskus mengangkat Uskup Lazarus You Heung-sik dari Daejeon, Korea, sebagai prefek baru Kongregasi Klerus di Vatikan.

Uskup berusia 69 tahun itu adalah orang Korea pertama yang memimpin sebuah kongregasi Vatikan. Penunjukannya untuk jabatan baru diumumkan pada Jumat, 11 Juni.

Uskup You menggantikan Kardinal Beniamino Stella dari Italia yang memimpin dikasteri yang bertanggung jawab untuk mengawasi para imam dan diakon diosesan di seluruh dunia sejak 2013.

Uskup You menjadi prelatus Asia kedua yang memimpin Kongregasi  Klerus, setelah Kardinal José Tomás Sánchez asal Filipina, yang memimpin dikasteri itu dari tahun 1991 hingga 1996.




Prelatus itu juga menjadi orang Asia kedua yang sekarang memimpin salah satu dari sembilan kongregasi Vatikan, bersama Kardinal Luis Antonio Tagle, prefek Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa-bangsa atau yang lazim disebut Propaganda Fide.

Lahir di kota Nonsan pada 17 November 1951 Uskup You ditahbiskan menjadi imam Keuskupan Daejeon pada 9 Desember 1979.

Uskup You menjamu Paus Fransiskus di keuskupannya pada Agustus 2014 ketika paus menghadiri perayaan Hari Orang Muda Asia Keenam dan merayakan Misa di Stadion Piala Dunia Daejeon.

Ia menghadiri sinode kaum muda di Roma pada tahun 2018.

- Newsletter -

Sebelum ditunjuk menjadi prefek kongregasi itu, Uskup You adalah kepala Komite Perdamaian Konferensi Waligereja Korea dan telah melakukan perjalanan ke Korea Utara sebanyak empat kali.

Paus Fransiskus telah melakukan beberapa perjalanan ke Asia sejak terpilih menjadi paus tahun 2013. Paus dilaporkan mengatakan kepada Kardinal Tagle pada tahun 2015 bahwa dia percaya bahwa “masa depan Gereja ada di Asia.”

Paus disebutkan telah memerintahkan inspeksi terhadap Kongregasi untuk Klerus menjelang transisi kepemimpinan kepada Uskup You.

Bapa Suci meminta hal serupa ke Kongregasi Ibadah Ilahi sebelum dia menunjuk prefek yang baru, Uskup Agung Arthur Roche.

© Copyright LiCAS.news. All rights reserved. Republication of this article without express permission from LiCAS.news is strictly prohibited. For republication rights, please contact us at: [email protected]

Support LiCAS.news

We work tirelessly each day to tell the stories of those living on the fringe of society in Asia and how the Church in all its forms - be it lay, religious or priests - carries out its mission to support those in need, the neglected and the voiceless.
We need your help to continue our work each day. Make a difference and donate today.

Latest