Pejabat WHO enggan bicara tentang kesuksesan Taiwan tangani virus corona

Dalam video di atas yang dirilis Radio Television Hong Kong atau RTHK seorang penasihat senior dari Organisasi Kesehatan Dunia langsung menutup wawancara dengan seorang wartawan yang ingin meminta pendapatnya tentang keberhasilan Taiwan dalam memerangi epidemi virus corona.

Dengan jumlah kasus virus corona sudah melebihi 723.000 secara global, Taiwan dianggap berhasil dalam mencegah wabah serius itu merebak di dalam perbatasannya, meskipun dekat dengan Cina.

Tetapi sementara badan kesehatan global mungkin diharapkan untuk melihat Taiwan sebagai model bagi negara lain untuk diikuti dalam memerangi pandemi yang sedang berlangsung, Bruce Aylward, penasihat senior untuk asisten direktur jenderal WHO, tidak mau berbicara dengan wartawan yang berbasis di Hong Kong itu yang bersikeras untuk berbicara tentang kisah sukses Taipei.

Insiden ini menghidupkan kembali tuduhan bahwa WHO, yang telah mengesampingkan Taiwan dari pertemuan daruratnya mengenai virus corona, sedang tunduk kepada Beijing, sehingga menempatkan politik di atas kehidupan.